BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 04 Maret 2011

Mitos Jepang- TOIRE NO HANAKO By: Anna Aulia



Toire no Hanako atau yang biasa dikenal dengan Hanako si penghuni toilet, adalah salah satu hantu yang populer di kalangan anak sekolah Jepang. Kepopulerannya seringkali membuat youkai ini sering ditampilkan dalam manga, anime, maupun film. Setiap membicarakan tentang toilet yang terbilang angker, orang jepang bahkan mengaitkan dengan hantu Hanako. Siapa sebenarnya hantu Hanako itu?

Hanako sebenarnya merupakan nama yang cukup old-fashioned untuk nama seorang perempuan jepang dan pernah menjadi trend di masa lalu. Disebutkan, legenda hantu Hanako bermula pada tahun 1950-an dimana saat itu tengah heboh penampakan anak kecil di toilet sekolah. Wujudnya seperti anak perempuan pada umumnya, memakai baju seragam sekolah dengan rok merah, berambut bob pendek, dan biasa muncul di kamar mandi sekolah-sekolah SD di Jepang. Kehebohan hantu Hanako ini kembali terjadi pada tahun 1980 dimana hantu Hanako itu muncul tidak lagi di sekolah SD tapi juga di SMP maupun SMA. Biasanya, Hanako hanya menampakkan diri di toilet perempuan. Kalaupun dia bisa terlihat oleh anak laki-laki, kemungkinan tailet yang disemayami Hanako adalah toilet unisex.

Tidak seperti kebanyakan youkai yang menampakkan diri di malam hari, Hanako biasanya muncul di siang hari saat jam sekolah. Keberadaan Hanako sama sekali tidak membahayakan jiwa dan tidak suka meneror dengan rasa dendam. Ia hanya makhluk halus yang sekedar muncul untuk menunjukan eksistensinya dan menjadi maskot hantu masa kini yang ditakuti anak-anak. Orang yang melihatnya, paling hanya akan lari terbirit-birit dan Hanako tidak akan mengejar. Tidak ada cara khusus untuk menangkal Hanako. Bahkan ada yang menyebutkan jika hantu Hanako aslinya adalah sosok yang baik bahkan mau menolong siapa saja yang tengah dalam masalah dan disebut-sebut kerap membawa keberuntungan.

Selain itu, beberapa kali kisah Hanako juga diangkat dala film dengan judul Toire no Hanako-san dan dimuat dalam manga-manga yang bertema horror atau melibatkan tokoh youkai.

DATA
Jenis kelamin: Perempuan
Tinggi: Sekitar 120 cm
Berat: Tidak diketahui
Ciri-ciri: Rambut bob, rok berwarna merah
Senjata: Tidak ada
Habitat: Toilet sekolah
Pergerakan: Berpindah-pindah




Ingin bertemu Hanako? Hanako sih, biasanya akan tetap bersebunyi di toilet sampai ada seseorang yang cukup berani untuk mengganggunya. Kalau kamu cukup berani untuk mengetuk pintu toilet kediaman Hanako 3 kali, memanggil namanya, lalu memberi pertanyaan, Hanako akan menjawab pertanyaanmu dari balik pintu toilet. Biasanya sih pertanyaannya "Hanako-san, apakah kamu ada di sana?". Kalau Hanako ada di situ, dia akan menjawab "Ya, aku di sini." Dan kalau kamu masih punya sisa keberanian, setelah Hanako menjawab pertanyaanmu buka pintu toiletnya. Apa yang terjadi? Hanako akan menyapamu lalu menggandeng tanganmu lalu menarikmu masuk ke toilet.


Cerita tentang asal mula Hanako sangat bervariasi. Ini beberapa diantaranya:

* Beberapa orang mengatakan bahwa Hanako adalah anak yang meninggal karena pengeboman di sekolahnya waktu dia bermain petak umpet. Dia bersembunyi di toilet dan tidak tahu bahwa sekolahnya akan dibom.

* Ada juga yang mengatakan kalau Hanako adalah arwah anak kecil yang mati karena disiksa orang tuanya yang kejam saat ditemukan bersembunyi di toilet. Cerita lainnya mengatakan bahwa Hanako dibunuh oleh orang mesum di toilet.

* Selain itu, ada cerita kalau Hanako adalah siswi yang bunuh diri di toilet.

* Di prefektur Fukushima, Hanako dipercaya adalah arwah seorang siswi yang jatuh dari jendela perpustakaan sekolahnya.

* Kalau prefektur Yamagata percaya kalau Hanako sebenarnya adalah kadal raksasa berkepala 3 yang meniru suara anak perempuan untuk menarik mangsanya.

* Di Kurosawajiri, katanya akan muncul tangan berwarna putih besar dari lubang toilet (biasanya toilet kuno di Jepang) kalau kamu berjalan mengelilingi toilet 3 kali sambil memanggil nama Hanako-san.

* Di manga Kindaichi (Kindaichi Shonen no Jikenbo File.2: Bourei Gakko Satsujin Jiken) Hanako diceritakan meninggal karena penyakit yang dideritanya. Sebelum dia mati, Hanako muntah darah di toilet dan darahnya berbentuk 2 garis di sisi kanan dan kiri bajunya. Cerita ini sebenarnya disesuaikan dengan kasus penbunuhan di komiknya, dimana korbannya ditemukan dengan bekas darah mirip Hanako.

Lalu, bagaimana kalau bertemu dengan Hanako di toilet? Hanako dapat 'dilawan' dengan menujukkan kertas ujian bernilai sempurna. Katanya sih, Hanako takut melihat nilai yang bagus dan akan lenyap di udara setelah melihat kertas ujian itu. Tapi, kalau nggak mau cari masalah, nggak usah dekat-dekat tempat persembunyiannya Hanako, deh.

Ternyata, cerita Toire no Hanako-san ini berpengaruh besar terhadap toilet-toilet di sekolah SD Jepang, lho. Karena cerita tentang Hanako, akan-anak SD jadi takut untuk pergi ke toilet sekolah. Toilet juga jadi tidak terawat dan kotor. Pemerintah jadi menyimpulkan 5 masalah toilet sekolah di Jepang: kotor, bau, rusak / tidak terawat, gelap, menakutkan.

Sebagai respons atas masalah tersebut, di Izumi, Osaka diadakan perbaikan toilet-toilet sekolah. Perbaikan ini menghabiskan biaya yang nggak main-main, 20.000.000 (20 juta) yen per sekolah!! Bayangin, ada berapa sekolah di Izumi? Harapannya sih, dengan dilakukan perbaikan toilet untuk mengatasi 5 masalah tersebut, anak-anak sekolah tidak lagi takut untuk memakai toilet di sekolahnya.
Tapi, apakah dengan cara itu, Hanako akan 'terusir' dan pergi dari kediamannya?

source :
pinktentacle.com/2010/04/hanako-san-terror-of-the-toilet/
www.tanutech.com/japan/hanako.html (Billy Hammond)
Animonster magazine

http://aidachan.blogspot.com/2010/01/toire-no-hanako.html
http://wisnvkanzaki.blogspot.com/2010/11/toire-no-hanako.html

0 komentar: