BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 13 Maret 2012

Artikel Fenomena yang terjadi pada masyarakat berkaitan dengan kesehatan mental

Kesehatan Mental kasus Schizophrenia

Setiap orang pasti ingin hidup sehat baik fisik maupun mental, mungkin kita sudah mengetahui apa itu kesehatan fisik, Hidup sehat fisik dan mental merupakan dambaan setiap manusia. Kesehatan fisik dan mental selain harus dilatih dengan olahraga, juga harus di jaga dengan makan makanan yang bergizi.

Kesehatan Fisik ialah keadaan baik, artinya bebas dari sakit seluruh badan dan bagian-bagiannya (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdikbud-Balai Pustaka, Jakarta 1996). Kesehatan fisik bisa kita lihat dari fisik kita masing-masing itu tidak sulit, tapi apakah kita tahu apa itu kesehatan mental??? Dalam artikel ini saya akan menjelaskan apa itu kesehatan mental,faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental, dan contoh kasus kesehatan mental.

Kesehatan mental, ialah kemampuan seseorang menyesuaikan diri terhadap berbagai tuntutan perkembangan sesuai kemampuannya, baik tuntutan dalam diri sendiri maupun luar dirinya sendiri, seperti menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah, sekolah, lingkungan kerja dan masyarakat serta teman sebaya.
Seseorang dapat mengikuti atau melakukan suatu aktivitas dengan baik bila ia sehat secara mental. Yang dimaksud sehat secara mental adalah adanya rasa aman, kasih sayang, kebahagiaan dan rasa diterima oleh orang lain. Sebaliknya seseorang akan mengalami hambatan mengikuti atau melakukan suatu aktivitas bila kesehatan mentalnya terganggu, seperti adanya: rasa cemas, sedih, marah, kesal, khawatir, rendah diri, kurang percaya diri dan lain-lain.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Manusia
Mental sehat manusia dipengaruhi oleh faktor internal dan external. Keduanya saling mempengaruhi dan dapat menyebabkan mental yang sakit sehingga bisa menyebabkan gangguan jiwa dan penyakit jiwa.

A. Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang seperti sifat, bakat, keturunan dan sebagainya. Contoh sifat yaitu seperti sifat jahat, baik, pemarah, dengki, iri, pemalu, pemberani, dan lain sebagainya. Contoh bakat yakni misalnya bakat melukis, bermain musik, menciptakan lagu, akting, dan lain-lain. Sedangkan aspek keturunan seperti turunan emosi, intelektualitas, potensi diri, dan sebagainya.

B. Faktor Eksternal
Faktor eksternal merupakan faktor yang berada di luar diri seseorang yang dapat mempengaruhi mental seseorang. Lingkungan eksternal yang paling dekat dengan seorang manusia adalah keluarga seperti orang tua, anak, istri, kakak, adik, kakek-nenek, dan masih banyak lagi lainnya.
Faktor luar lain yang berpengaruh yaitu seperti hukum, politik, sosial budaya, agama, pemerintah, pendidikan, pekerjaan, masyarakat, dan sebagainya. Faktor eksternal yang baik dapat menjaga mental seseorang, namun faktor external yang buruk / tidak baik dapat berpotensi menimbulkan mental tidak sehat.

Ada banyak penyakit kesehatan mental, seperti stress, personality disorder, anxiety disorder, eating disorder, mental retardasi, conduct disorder, seksual disorder, schizophrenia, dll.
Dalam artikel ini saya akan mengambil salah satu dari beberapa penyakit kesehatan mental yaitu Schizophrenia.
Apa itu Schizophrenia, orang yang belajar ilmu psikologi pasti sering mendengar Schizophrenia biasanya sering disebut Skizopren.

Schizophrenia adalah gangguan mental yang ditandai dengan disintegrasi proses pemikiran dan respon emosional. Ini paling sering bermanifestasi sebagai halusinasi pendengaran, delusi paranoid atau aneh, atau bicara tidak teratur dan berpikir, dan disertai dengan disfungsi sosial atau pekerjaan yang signifikan. Timbulnya gejala biasanya terjadi pada dewasa muda, dengan prevalensi seumur hidup global sekitar 0,3-0,7%. Diagnosa didasarkan pada perilaku yang diamati dan pengalaman pasien yang dilaporkan.
Genetika, lingkungan awal, neurobiologi, dan proses psikologis dan sosial tampaknya faktor penyebab penting; beberapa obat rekreasi dan resep tampak menyebabkan atau memperburuk gejala. Penelitian saat ini difokuskan pada peran neurobiologi, tetapi pertanyaan ini tidak terisolasi satu penyebab organik tunggal. Kombinasi banyak kemungkinan gejala telah memicu perdebatan mengenai apakah diagnosis merupakan gangguan tunggal atau beberapa sindrom diskrit. Meskipun etimologi istilah dari skhizein akar Yunani (σχίζειν, "untuk split") dan phrēn, phren-(φρήν, φρεν-; "pikiran"), skizofrenia tidak menyiratkan "split pikiran" dan itu tidak sama sebagai gangguan identitas disosiatif-juga dikenal sebagai "gangguan kepribadian ganda" atau "kepribadian ganda"-kondisi dengan yang sering bingung dalam persepsi publik.
Andalan pengobatan obat antipsikotik, yang terutama bekerja dengan menekan aktivitas dopamin. Psikoterapi dan rehabilitasi kejuruan dan sosial juga penting. Dalam kasus yang lebih serius-mana ada resiko untuk perawatan diri dan lain-paksa mungkin diperlukan, walaupun tetap rumah sakit sekarang lebih pendek dan kurang sering daripada mereka.

Gangguan diperkirakan terutama untuk mempengaruhi kognisi, tetapi juga biasanya memberikan kontribusi untuk masalah kronis dengan perilaku dan emosi. Orang dengan skizofrenia cenderung memiliki tambahan (komorbiditas) kondisi, termasuk depresi mayor dan gangguan kecemasan; terjadinya penyalahgunaan zat umur hampir 50% masalah sosial, seperti pengangguran jangka panjang, kemiskinan dan tunawisma, adalah biasa. . Harapan hidup rata-rata orang dengan gangguan ini adalah 12 sampai 15 tahun kurang dari mereka yang tidak, hasil dari meningkatnya masalah kesehatan fisik dan tingkat bunuh diri yang lebih tinggi (sekitar 5%).

Tanda dan gejala
Seseorang didiagnosis dengan skizofrenia dapat mengalami halusinasi (mendengar suara-suara yang paling sering), delusi (sering aneh atau persecutory di alam), dan berpikir tidak teratur dan pidato. Yang terakhir ini dapat berkisar dari hilangnya kereta pemikiran, untuk kalimat hanya longgar tersambung dalam arti, untuk inkoherensi dikenal sebagai salah kata dalam kasus yang parah. penarikan Sosial, kecerobohan pakaian dan kebersihan, dan kehilangan motivasi dan penilaian semua umum di skizofrenia. Ada pola diamati sering kesulitan emosional, misalnya karena tidak responsif.. Penurunan kognisi sosial dikaitkan dengan skizofrenia, sebagai gejala paranoia;.. isolasi sosial sering terjadi Dalam satu subtipe biasa, orang mungkin sebagian besar bisu, tetap bergerak di postur aneh, atau agitasi menunjukkan tujuan, semua tanda-tanda catatonia.
Remaja akhir dan dewasa awal adalah periode puncak awal skizofrenia, tahun penting dalam perkembangan dewasa muda sosial dan kejuruan Pada 40% dari pria dan. 23% dari wanita yang terdiagnosis skizofrenia kondisi terwujud sebelum usia 19. Untuk meminimalkan gangguan perkembangan yang berhubungan dengan skizofrenia, banyak pekerjaan yang baru-baru ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengobati prodromal (pra-onset) fase penyakit, yang telah terdeteksi hingga 30 bulan sebelum dimulainya gejala. Mereka yang terus mengembangkan skizofrenia mungkin mengalami gejala psikotik sementara atau membatasi diri dan gejala non-spesifik sosial, penarikan iritabilitas dan dysphoria selama fase prodromal.
Istilah skizofrenia diciptakan oleh Eugen Bleuler.
Psikiater Kurt Schneider (1887-1967) yang terdaftar bentuk gejala psikotik yang ia berpikir skizofrenia dibedakan dari gangguan psikotik lainnya. Ini disebut pertama-peringkat gejala atau Schneider pertama-peringkat gejala, dan mereka termasuk delusi menjadi dikontrol oleh kekuatan eksternal; keyakinan bahwa pikiran sedang dimasukkan ke dalam atau ditarik dari pikiran sadar seseorang, keyakinan bahwa pikiran seseorang sedang disiarkan ke orang lain;. dan suara-suara halusinasi pendengaran yang mengomentari pikiran seseorang atau tindakan atau yang berkomunikasi dengan suara hallucinated lain. Walaupun mereka harus turut menyumbang kriteria diagnostik saat ini, gejala kekhususan peringkat pertama telah dipertanyakan. Sebuah tinjauan dari studi diagnostik yang dilakukan antara tahun 1970 dan 2005 menemukan bahwa mereka mengijinkan bukanlah konfirmasi ulang atau penolakan terhadap klaim Schneider, dan menyarankan bahwa peringkat pertama-gejala menjadi de-ditekankan dalam revisi masa depan sistem diagnostik.

Gejala Positif dan negatif gejala
Skizofrenia sering dijelaskan dalam hal positif dan negatif (atau defisit)
Gejala gejala positif
adalah mereka yang kebanyakan orang tidak biasanya pengalaman tetapi yang hadir pada penderita skizofrenia,. Umumnya merespon dengan baik untuk obat-obatan. Mereka dapat mencakup delusi, gangguan pikiran dan pidato, dan taktil, halusinasi pendengaran, visual, penciuman dan gustatory, biasanya dianggap sebagai manifestasi psikosis. Halusinasi ini. juga biasanya terkait dengan isi tema delusional.

Gejala negatif defisit normal emosional tanggapan atau proses berpikir lain, dan merespon kurang baik terhadap pengobatan. Mereka umumnya termasuk mempengaruhi datar atau tumpul dan emosi, kemiskinan berbicara (alogia), ketidakmampuan untuk mengalami kesenangan (anhedonia), kurangnya keinginan untuk membentuk hubungan (asociality), dan kurangnya motivasi (avolition). Penelitian menunjukkan bahwa gejala negatif memberikan kontribusi lebih terhadap kualitas hidup yang buruk, cacat fungsional, dan beban pada orang lain daripada gejala positif. Orang-orang dengan gejala negatif menonjol sering memiliki sejarah penyesuaian miskin sebelum timbulnya penyakit., Dan respon terhadap obat sering terbatas.

Penyebab
Kombinasi faktor genetik dan lingkungan memainkan peran dalam perkembangan skizofrenia Orang dengan riwayat keluarga yang menderita skizofrenia. Transien atau membatasi diri psikosis memiliki kesempatan 20-40% dari satu tahun didiagnosa kemudian.

Genetik
Estimasi heritabilitas bervariasi karena kesulitan dalam memisahkan efek genetika dan lingkungan. Risiko terbesar untuk mengembangkan skizofrenia adalah memiliki relatif tingkat pertama dengan penyakit tersebut (risiko 6,5%);. Lebih dari 40% dari monozigotik kembar dari mereka dengan skizofrenia juga dipengaruhi. Hal ini mungkin bahwa banyak gen yang terlibat, masing-masing efek kecil.

Lingkungan
Faktor lingkungan yang terkait dengan perkembangan skizofrenia meliputi stressor kehamilan, lingkungan hidup, dan penggunaan narkoba. Parenting style tampaknya tidak berpengaruh, meskipun orang dengan orang tua mendukung lebih baik dibandingkan dengan orang tua yang kritis Hidup. dalam lingkungan perkotaan selama masa kanak-kanak atau sebagai orang dewasa secara konsisten telah ditemukan untuk meningkatkan risiko skizofrenia dengan faktor dua, bahkan setelah mempertimbangkan menggunakan account narkoba, kelompok etnis, dan ukuran kelompok sosial.
Faktor lain yang memainkan peran penting termasuk isolasi sosial dan imigrasi yang berkaitan dengan kesulitan sosial, diskriminasi rasial, disfungsi keluarga, pengangguran, dan kondisi perumahan yang buruk.

Penyalahgunaan Zat/Obat-obatan
Sejumlah obat telah dikaitkan dengan perkembangan skizofrenia termasuk ganja, kokain dan amphetamines. Sekitar setengah dari mereka yang menggunakan obat skizofrenia dan / atau alkohol berlebihan. Peran ganja bisa kausal, tetapi obat lain hanya dapat digunakan sebagai coping mekanisme untuk menangani depresi, kecemasan, kebosanan, dan kesepian.

Ganja dikaitkan dengan peningkatan dosis tergantung pada risiko mengembangkan gangguan psikotik digunakan. Sering telah ditemukan untuk melipatgandakan risiko psikosis dan skizofrenia Beberapa penelitian telah namun. Mempertanyakan kausalitas link ini. amfetamin, kokain, dan alkohol tingkat lebih rendah, dapat mengakibatkan psikosis yang menyajikan sangat mirip dengan skizofrenia.

Sebelum melahirkan
Faktor-faktor seperti hipoksia dan infeksi, atau stres dan kekurangan gizi pada ibu selama perkembangan janin, dapat mengakibatkan sedikit peningkatan risiko skizofrenia di kemudian hari. Orang yang didiagnosis skizofrenia lebih mungkin telah lahir pada musim dingin atau. musim semi (setidaknya di belahan bumi utara), yang mungkin akibat dari peningkatan tingkat eksposur virus di dalam rahim.
Diatas telah dijelaskan beberapa penyebab skizopren.

Mekanisme-mekanisme skizofrenia
Sejumlah upaya telah dilakukan untuk menjelaskan hubungan antara fungsi otak diubah dan skizofrenia. Salah satu yang paling umum adalah hipotesis dopamin, yang atribut psikosis untuk interpretasi yang salah pikiran tentang tembak neuron dopaminergik
Psikologis
Banyak mekanisme psikologis telah terlibat dalam pengembangan dan pemeliharaan skizofrenia. bias kognitif telah diidentifikasi pada mereka dengan diagnosis atau mereka yang berisiko, terutama ketika sedang stres atau dalam situasi membingungkan. Beberapa fitur mungkin mencerminkan defisit kognitif neurokognitif global seperti kehilangan memori, sementara yang lain mungkin terkait dengan isu-isu tertentu dan pengalaman
Meskipun penampilan umum dari "tumpul mempengaruhi", temuan baru menunjukkan bahwa banyak individu didiagnosis dengan skizofrenia secara emosional responsif, terutama terhadap rangsangan stres atau negatif, dan bahwa sensitivitas tersebut dapat menyebabkan kerentanan terhadap gejala atau terhadap gangguan.
Beberapa bukti menunjukkan bahwa konten keyakinan delusi dan pengalaman psikotik dapat mencerminkan menyebabkan gangguan emosional, dan bahwa bagaimana seseorang menafsirkan pengalaman semacam itu dapat mempengaruhi simtomatologi [39] [40] [41] Penggunaan "perilaku keselamatan" untuk menghindari. ancaman membayangkan bisa berkontribusi pada kronisitas delusi. Bukti lebih lanjut untuk peran mekanisme psikologis. berasal dari efek psychotherapies tentang gejala skizofrenia.

Kriteria
ICD-10 kriteria yang biasanya digunakan di negara-negara Eropa, sedangkan DSM-IV-TR kriteria yang digunakan di Amerika Serikat dan seluruh dunia, dan yang berlaku dalam studi penelitian. ICD-10 kriteria yang lebih menekankan pada gejala pertama-peringkat Schneiderian. Dalam prakteknya, perjanjian antara kedua sistem yang tinggi.
Menurut keempat edisi revisi Manual Diagnostik dan Statistik Mental Disorders (DSM-IV-TR), untuk dapat didiagnosis dengan skizofrenia, tiga kriteria diagnostik harus dipenuhi:

1. Gejala Karakteristik: Dua atau lebih dari berikut ini, masing-masing hadir untuk banyak waktu selama periode satu bulan (atau kurang, jika gejala dikirimkan dengan pengobatan).
*Delusions
*Halusinasi
*Berantakan pidato, yang merupakan manifestasi dari gangguan pemikiran formal
*Terlalu perilaku tidak teratur (misalnya dressing tidak tepat, sering menangis) atau
perilaku katatonik
*Gejala negatif: tumpul mempengaruhi (kekurangan atau penurunan respons emosional),
alogia (kekurangan atau penurunan dalam pidato), atau avolition (kurang atau penurunan
motivasi)

Jika delusi yang dinilai aneh, atau halusinasi terdiri dari mendengar satu suara berpartisipasi dalam komentar menjalankan tindakan pasien atau mendengar dua atau lebih suara bercakap-cakap dengan satu sama lain, hanya yang diperlukan gejala di atas. Kriteria disorganisasi bicara hanya bertemu jika cukup parah secara substansial mengganggu komunikasi.

2. Sosial atau disfungsi pekerjaan: Untuk sebagian besar waktu sejak awal gangguan, satu atau wilayah utama lebih berfungsi seperti pekerjaan, hubungan interpersonal, atau perawatan diri, adalah nyata di bawah tingkat yang dicapai sebelum awal.

3. Signifikan durasi: tanda-tanda gangguan berlangsung terus menerus selama minimal enam bulan. Periode enam bulan harus menyertakan setidaknya satu bulan gejala (atau kurang, jika gejala dikirimkan dengan pengobatan).

Jika tanda-tanda gangguan yang hadir selama lebih dari satu bulan tapi kurang dari enam bulan, diagnosis gangguan schizophreniform diterapkan Gejala psikotik yang berlangsung kurang dari sebulan. Dapat didiagnosis sebagai gangguan psikotik singkat, dan berbagai kondisi dapat digolongkan sebagai gangguan psikotik tidak disebutkan secara spesifik. Skizofrenia tidak dapat didiagnosis jika gejala gangguan mood substansial hadir (meskipun gangguan schizoaffective dapat didiagnosis), atau jika gejala gangguan perkembangan meluas hadir kecuali delusi menonjol atau halusinasi juga ada, atau jika gejala adalah hasil fisiologis langsung dari umum kondisi medis atau substansi, seperti penyalahgunaan obat.

Pencegahan
Bukti efektivitas intervensi awal tidak meyakinkan. Meskipun ada beberapa bukti bahwa intervensi dini pada mereka dengan episode psikotik dapat memperbaiki hasil jangka pendek, ada sedikit manfaat dari tindakan-tindakan setelah lima tahun.. Mencoba untuk mencegah skizofrenia dalam fase prodrome adalah manfaat pasti dan karena itu pada tahun 2009 tidak direkomendasikan. Pencegahan adalah sulit karena tidak ada penanda yang dapat diandalkan untuk pengembangan selanjutnya dari penyakit.

Perlakuan utama skizofrenia adalah obat antipsikotik, seringkali dalam kombinasi dengan dukungan psikologis dan sosial. Rawat Inap dapat terjadi untuk episode parah baik secara sukarela atau (jika undang-undang kesehatan mental memungkinkan itu) tanpa sengaja. Rawat inap jangka panjang jarang terjadi sejak awal deinstitutionalization pada 1950-an, meskipun masih sering terjadi layanan dukungan Masyarakat termasuk Drop In Center, kunjungan oleh anggota tim kesehatan mental masyarakat, didukung kerja dan. kelompok dukungan yang umum . Beberapa bukti menunjukkan bahwa olahraga teratur memiliki efek positif pada kesehatan fisik dan mental mereka yang schizophren.

Obat
Baris pertama perawatan psikiatris untuk skizofrenia adalah obat antipsikotik, yang dapat mengurangi gejala positif psikosis dalam waktu sekitar 7-14 hari. Antipsikotik namun gagal untuk secara signifikan memperbaiki gejala negatif dan disfungsi kognitif.

Pilihan yang antipsikotik untuk digunakan didasarkan pada manfaat, risiko, dan biaya. Hal ini diperdebatkan apakah sebagai antipsikotik tipikal atau atipikal kelas lebih baik [68]. Keduanya telah sama drop-out dan tingkat gejala relaps saat typicals adalah digunakan pada dosis sedang rendah untuk. Ada respon yang baik di 40-50%, respon parsial dalam 30-40%, dan resistensi pengobatan. (gejala kegagalan untuk merespon memuaskan setelah enam minggu untuk dua dari tiga antipsikotik yang berbeda) dalam 20% dari orang. Clozapine adalah pengobatan yang efektif bagi mereka yang memiliki respon yang buruk terhadap obat lain, tetapi memiliki efek samping yang berpotensi serius agranulositosis (menurunkan jumlah sel darah putih)
Sehubungan dengan efek samping antipsikotik khas yang berhubungan dengan tingkat yang lebih tinggi efek samping ekstrapiramidal sementara atypicals berhubungan dengan penambahan berat badan yang cukup besar, diabetes dan risiko sindrom metabolik. Sementara atypicals memiliki efek samping yang lebih sedikit ekstrapiramidal perbedaan ini sederhana. Beberapa atypicals seperti quetiapine dan risperidone yang terkait dengan risiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan perphenazine atipikal, sementara clozapine dikaitkan dengan risiko terendah kematian. Masih belum jelas apakah antipsikotik baru mengurangi kemungkinan mengembangkan neuroleptik ganas sindrom, gangguan neurologis yang jarang namun serius.

Bagi orang yang tidak mau atau tidak minum obat teratur, persiapan long-acting depot dari antipsikotik dapat digunakan untuk mencapai control. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan intervensi psikososial mereka dapat meningkatkan kepatuhan jangka panjang terhadap pengobatan..

Psikososial
Sejumlah intervensi psikososial mungkin bermanfaat dalam pengobatan skizofrenia termasuk: terapi keluarga, pengobatan masyarakat tegas, kerja didukung, pelatihan keterampilan, terapi perilaku kognitif (CBT), intervensi ekonomi token, dan intervensi psikososial untuk penggunaan narkoba dan berat manajemen terapi keluarga atau pendidikan, yang membahas sistem seluruh keluarga dari seorang individu, dapat mengurangi kambuh dan rawat inap. Bukti untuk efektivitas CBT di baik mengurangi gejala atau mencegah kambuh. sangat minim. Manfaat seni atau terapi drama saat ini tidak diketahui.

Prognosa
Skizofrenia memiliki biaya manusia dan ekonomi yang besar.Ini menghasilkan penurunan harapan hidup 12-15 tahun, terutama karena hubungannya dengan obesitas, gaya hidup menetap, dan merokok, dengan tingkat peningkatan bunuh diri memainkan peran yang lebih rendah.. Perbedaan harapan hidup meningkat antara tahun 1970-an dan 1990-an, dan antara tahun 1990 dan dekade pertama abad ke-21 tidak berubah secara substansial dalam sistem kesehatan dengan akses terbuka untuk perawatan (Finlandia). Skizofrenia merupakan penyebab utama kecacatan, dengan psikosis aktif digolongkan sebagai kondisi ketiga paling mematikan setelah quadriplegia dan demensia dan depan paraplegia dan kebutaan. Sekitar tiga-perempat orang dengan skizofrenia memiliki cacat yang sedang berlangsung dengan kambuh. Beberapa orang sembuh sepenuhnya dan lainnya berfungsi dengan baik dalam masyarakat [83] Kebanyakan orang dengan skizofrenia hidup. independen dengan dukungan masyarakat. [2] Pada orang dengan psikosis episode pertama hasil jangka panjang yang baik terjadi pada 42%, perantara hasil di 35% dan hasil yang buruk di 27% Hasil untuk skizofrenia muncul. yang lebih baik dalam pengembangan daripada negara maju. Namun kesimpulan ini telah dipertanyakan.
Ada lebih tinggi daripada rata-rata bunuh diri yang terkait dengan skizofrenia. Ini telah dikutip sebesar 10%, tapi analisis yang lebih baru-baru ini studi dan statistik merevisi estimasi untuk 4,9%, paling sering terjadi pada periode berikutnya awal atau masuk rumah sakit pertama. Upaya Beberapa kali lebih banyak (20 sampai 40%) bunuh diri. Ada berbagai faktor risiko, termasuk jenis kelamin laki-laki, depresi, dan kecerdasan intelektual yang tinggi.

Semoga bermanfaaat :)


Sumber:
http://kuliahpsikologi.dekrizky.com/kesehatan-mental
http://organisasi.org/hal-faktor-yang-mempengaruhi-kesehatan-mental-manusia-internal-dan-eksternal-psikologi
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=2037
http://en.wikipedia.org/wiki/Schizophrenia

0 komentar: