BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 02 Desember 2015

Nge'Backpacker sendirian ke Singapur? Siapa Takut?!

Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Anna. Ini adalah pertama kalinya gw nulis curhatan di blog. Sebenernya bukan curhatan sih. lebih tepatnya pengalaman gw waktu backpackeran di Singapur sendirian.

SENDIRIAN? Iya sendirian. Ah, pasti gak apa2 kalau udah biasa ke Singapur. Enggak kok. ini pertama kalinya gw ke Singapur. HAH? PERTAMA KALI? Pasti udah biasa ke luar negeri juga kan? Enggak. gw baru pertama kali ke luar negeri. baru pertama kali naek pesawat. dan baru pertama kali backpackeran sendirian. Bahasa? bahasa? pasti expert dong inggrisnya? HAHAHAHA.. Enggak. gw ga bisa bahasa Inggris. Bahasa Inggris gw masih dibawah rata2. WAH GILA LU!

WAH GILA LU! mungkin itu yang terlintas di benak orang2 kalau denger cerita gw hehehe... nah, sekarang bakal gw ceritain perjalanan nekat dan gila gw ke Singapur dari awal sampe akhir. Baca sampe abis ya. Dan semoga ini bisa menjadi panduan bagi lu-lu pada yang masih pada ragu buat backpackeran ke Singapur. oke, jadi ceritanya begini, ada sebuah acara internasional yg di gelar di Suntec exhibition Hall. Awalnya gw ga mau ikut kesana karena ya masalah transport dll. Acara itu diadakan hr jumat, sabtu, dan minggu. Dan kebetulan ada beberapa temen gw yang emang merencanakan untuk backpackeran kesana. Tiba-tiba karena 1 dan lain hal, gw memutuskan untuk ikut, dan itu tepat 1 minggu kurang acara itu akan diadakan. Dan gebleknya, gw belum punya paspor.

Pas hari Kamis gw memutuskan untuk ikut, gw langsung ngebut bikin paspor. Nah ini, bagi yang belum punya paspor, lebih baik kalian isi form online lewat situs website pembuatan paspor resmi supaya prosesnya lebih cepet. Setelah gw isi form online di situsnya, gw langsung bayarkan ke bank BNI trus gw online lagi untuk masukin jurnal bank plus booking tgl buat dateng ke kantor imigrasinya. Nah, sebelum kita bayar, kita harus cek dulu tgl booking yang tersedia di situsnya untuk masing-masing wilayah kantor imigrasi. karena gw mau pergi weekend minggu depan, gw cari kantor imigrasi yg masih ada kuota daftar di hari Jum'at. (tgl booking yg masih kosong warnanya hijau). Kebetulan ada kuota untuk kantor imigrasi jakarta Barat dan kebetulan juga itu deket kator gw. Nah, gw booking tgl untuk besoknya (hari jum'at)

Pas besoknya gw datang pagi-pagi sekitar jam setengah 9 itu kantor udah rame banget. (Oh iya, sebelum ke kantor imigrasi jangan lupa print bukti2 dan form yang sudah diisi ya. Setelah kamu bayar, form itu akan dikirimkan ke email). Step nya adalah, datang terus ambil nomor di satpam, nanti satpam akan memanggil nomor kita untuk selanjutnya harus menyerahkan berkas di loket yang ada tulisan 'online' nya. Setelah berkas kita diperiksa di bagian loket online, kita akan diberikan nomor antrian yang selanjutnya digunakan untuk pemanggilan foto, dan cap 10 jari. Gw mendapatkan nomor antrian C046 dan yang baru dipanggil itu nomor C003!! Alamak, dengan berat hati gw nunggu sampe jam 11. Tips untuk ke kantor imigrasi, mending dateng sebelum jam 7 kalau gak mau ngantri panjang. hehehe

Setelah semua tahap pembuatan paspor selesai, dan berkas kita lengkap (seperti KK, KTP, IJAZAH, dll) kita diberikan waktu 4 hari kemudian untuk datang lagi ke kantor imigrasi mengmbil paspor yang sudah jadi. Karena hari libur gak diitung, jadi gw harus ngambil paspor hari kamis, dan gw bakal pergi weekend. Mepet banget yaa... Selama nunggu paspor jadi, gw googling banyak tentang Singapore. Gw berencana untuk berada di Singapur 3 hari 2 malam, nah yang terpenting adalah mikirin kita bakal tidur dimana dan mau makan apa. Temen2 gw yang udah merencanakan pergi kesana ternyata udah booking tiket dan hostel duluan. Mau gak mau, gw harus cari tiket gw sendiri. Dan apesnya lagi, tiket untuk jadwal berangkat dan balik mereka harganya udah naik..... Yassalam lah akhirnya gw pulang beda jadwal dengan mereka. (Jadi ceritanya gw pulang-pergi gak akan bareng mereka nih). Gw pesen tiket pesawat di Traveloka, karena pesennya harus ada nomor paspor, jadi gw mesti nunggu paspor gw jadi deh.

Hari kamis tiba, dan paspor gw udah jadi. YAY! Langsung ngebut mesen tiket pesawat dan hotel. Gw booking tiket pesawat ke Singapur itu keberangkatan jam 8 malam, kira2 nyampe sana jam 10 mlm, dan pulangnya gw booking keberangkatan jam 12 siang. Untuk hostel, gw mencari hostel di sekitar Kallang. Nah, dari yang gw googling, Kalang adalah red districtnya Singapur. Ya, semacam district prostitusi legal. Awalnya sih gw sempet takut dan ragu, tapi pada akhirnya gw memutuskan untuk tetep cari penginapan di Kallang. Selain harganya lebih murah, ada restoran halal juga di dekat sana. Gw booking hostel yang namanya Joyfor Backpacker's Hostel, harganya cukup murah dan sudah termasuk free breakfast. Tidak jauh dari hostel itu ada rumah makan India yang halal namanya Imam Banana Leaf. Nah, kalau diliat di google map, kedua tempat itu gak jauh dari MRT Kallang. Jadi nanti tinggal jalan sebentar udah sampe. Kedua tempat itu berlokasi di Lor 1 Geylang. Setelah gw googling lagi, ternyata lor 1 itu masih safety lah karena dekat dengan tempat ramai seperti stasiun MRT dan Stadion Kallang, nah kalau udah masuk lor 7 keatas tuh...udah bahaya... Sendirian, cewek, nginep di red district, Gila ya? Enggak kok...

Pas paspor gw jadi gw langsung tancap gas mesen pesawat dan hostel. 2 hari berikutnya pun gw udah jalan.

Pengalaman nginep di Bandara

Gw dapet penerbangan malam yang berangkat dari jakarta jam 8 malam, nyampe sana jam 10 malam, (11 malam waktu singapur). Pertama kali naek pesawat agak norak sih cuy hehehe... kuping gw sakitnya bukan main sampe mau nangis (Karena tekanan udara) kayak anak kecil deh pokoknya hehe. Disamping gw duduk suami istri orang indo yang baik banget. Mereka sampe kaget gw bilang baru pertama kali ke singapur dan pertama kalinya sendirian dan nekat mau nginep di bandara pula.



Seperti itulah kira2 pemandangan malam gw dari pesawat. Kalo dilihat langsung indah banget. Setelah itu, gw tiba di bandara Internasional Changi. tepatnya di terminal 2. Wuiiihhh! gw beruntung banget dari review2 yg gw baca di internet, Di antara ketiga terminal di bandara Changi, terminal 2 paling the best buat cuci mata dan terutama buat tidur bagi para Backpacker2. tapi entahlah. Mari kita cari tahu... Nah, begitu menginjakan kaki di bandara changi terminal 2, kita langsung disambut oleh gerbang imigrasi... jreeng



Menurut yang gw baca dr internet, kalo kita udah ngelewatin imigrasi tuh kita ga bakal bisa jalan2 di bandara nan megah itu dan terutama ga bisa tidur di kursi empuk. Tapi gw sempet ragu karena memangnya bisa kita ke imigrasi pagi hari walaupun penerbangan malam? pikiran gw udah dipenuhi hal2 negatif semua. takut ditangkep polisi lah takut apalah.. dan suami istri yang tadi duduk disamping gue pun menyarankan untuk lewat imigrasi dulu, tapi akhirnya gw nekat kabur ke lt 2 dan memutuskan untuk gak lewat imigrasi dulu. Nah, pas gw tiba di lt 2, ternyata bener. gw disambut oleh pemandangan yang menakjubkan.



Nah, sebelum jalan2 hendaknya kita menunaikan ibadah dulu. di terminal 2, Ada mushala kecil (Pray room) di ujung. Di belakang bookstore, dekat toilet. Nah, pas ke toilet gw menemukan ada keran air yang bisa diminum, langsunglah gw mengeluarkan botol kosong gw dan mengisi sebanyak2nya. hahahah... (Soalnya di dalam pesawat gak boleh bawa air dan harga botol air mineral disini mahal)



Setelah itu, gw jalan2 di dalam bandara nan megah itu. para pelancong bener2 dimanjain deh sama semua fasilitas di dalam terminal itu, pertama ada Koi Pond:







-To be continued-

1 komentar:

aaanaliskes mengatakan...

ditunggu lanjutannya kak ><
besok september rencana kesana,sendirian
belum punya pengalaman naik pesawat & traveling sama sekali